Bendung Virus Corona Masuk, Forkopimcam Meureubo Dirikan Posko Perbatasan

*Bendung Virus Corona Masuk, Forkopimcam Meureubo Dirikan Posko Perbatasan*

www.mediapadjajaran.com - Aceh Barat - Respons cepat dalam membendung masuknya virus Corona dari luar daerah ke Kabupaten Aceh Barat, Koramil 04/Meureubo bersama Forkopimcam membentuk Tim gabungan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) lintas sektoral penanggulangan Corona dan mendirikan Posko Perbatasan (Postas) di Desa Peunaga Cut Ujong sebagai salah satu pintu masuk menuju Kabupaten Aceh Barat, Rabu (1/4/2020)

Diibentuknya Satgas gabungan dan didirikannya Posko Perbatasan tersebut merupakan hasil kesepakatan Forkopimcam Meureubo yang bertujuan membendung masuknya virus yang hingga saat ini masih menjadi wabah Internasional. Salah satu poin yang terpenting didirikannya Posko ini adalah Satgas lebih mudah melakukan pengawasan dan memperketat pintu masuk bagi warga lokal maupun inter lokal.

Hal itu diungkapkan oleh Komandan Koramil 04/Meureubo Kapten Inf Mazwar AR setelah Posko Perbatasan antara Kabupaten Aceh Barat dengan Kabupaten Nagan Raya tersebut berdiri.

"Tim Satgas tidak hanya mendirikan Posko dan bekerja selama 24 jam untuk memantau pintu keluar masuk warga, akan tetapi Tim juga bertugas mencegah warga yang masuk membawa virus dengan cara melakukan prosedur penanganan medis", terang Kapten Mazwar

Sejauh ini lanjut Kapten Mazwar, ada beberapa warga Kecamatan Meureubo kategori ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang baru kembali dari Banda Aceh, Medan dan terutama warga yang datang dari daerah pandemic seperti Jakarta, Bogor dan daerah lainnya.

"Berbagai upaya telah kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan di deteksi sejak dini mudah mudahan virus berbahaya ini bisa kita minimalisir", ujarnya

Selain itu, Kapolsek Meureubo Ipda Herman mengutarakan, "Tim yang dibentuk mengemban tugas memberikan edukasi, pengawasan, pemantauan, penjaringan dan penindakan untuk mengendalikan kasus Covid - 19 sesuai Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID - 19). Hal tersebut agar virus Corona tidak masuk ke wilayah Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat".

Sementara itu, Murdani SH selaku Camat Meureubo menghimbau warganya untuk tidak bepergian dulu dan menunda kegiatan yang mengumpulkan massa sampai situasinya benar benar membaik. Karena langkah langkah ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid - 19.

"Forkopimcam Meureubo selama ini selalu berkoordinasi dan bekerja sama dalam memerangi Covid - 19, diawali dari sosialisasi secara langsung maupun melalui media massa dengan menyebarkan brosur brosur serta sosialisasi keliling menggunakan pengeras suara hingga hari ini mendirikan Posko Perbatasan pintu masuk yang melibatkan seluruh instansi terkait", pungkas Murdani(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151