Bangun Ingatan Kolektif Kesadaran Berbangsa dan Bernegara melalui Hari Pahlawan


Bangun Ingatan Kolektif  Kesadaran Berbangsa dan Bernegara melalui Hari Pahlawan

www.mediapadjajaran.com - PURBALINGGA - Kala itu setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, situasi Indonesia masih belum stabil, 10 November menjadi  salah satu peristiwa penting dalam sejarah Negara Republik Indonesia. Karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan, yang dikenal juga sebagai pertempuran Surabaya.

Saat itu rakyat Surabaya bersama para pejuang bertempur melawan tentara sekutu. Pada pertempuran tersebut, jumlah kekuatan tentara sekutu sekitar 15.000 pasukan dan sekitar 6000 rakyat Indonesia pun gugur dalam pertempuran tersebut. 

Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 itu akhirnya ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959.


Tak ingin menjadi bangsa yang lupa akan sejarah serta untuk membangkitkan jiwa nasionalisne dan patriotisme, Pemerintah Kabupaten Purbalingga  memperingati Hari Pahlawan dengan kegiatan yang diawali  mengikuti Upacara Hari Pahlawan Tahun 2020 melalui media dari Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata dengan Inspektur Upacara Presidan RI di Pendopo Dipokusumo Purbalingga yang diikuti oleh Forkopimda dan tamu undangan lainnya termasuk Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han, (10/11/2020).


Setelah Upacara selesai,  kegiatan dilanjutkan dengan Ziarah di TMP Purbo Saroyo yang diawali dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Purbalingga dengan Inspektur Upacara Plt. Bupati Purbalingga Sarwa Pramana, S.H., M.Si.

Seperti disampaikan oleh Dandim 0702/Purbalingga saat pelaksanaan ziarah, bahwa kegiatan ini bukan sekedar kegiatan seremonial rutin saja.


"Bukan sekedar memperingati Hari Pahlawan saja, namun  diharapkan melalui kegiatan ini dapat membangun ingatan kolektif dan kesadaran berbangsa dan bernegara, selanjutnya melalui kegiatan ini bisa memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.


Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti tema Hari Pahlawan kali ini adalah Pahlawanku Sepanjang Masa," ungkap Dandim.

(Pendim 0702/Purbalingga/litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151