*KASAL : NEGARA INI DALAM ANCAMAN**SATU JAWABANNYA, KERAHKAN MARINIR!!!*


*KASAL : NEGARA INI DALAM ANCAMAN**SATU JAWABANNYA, KERAHKAN MARINIR!!!*

www.mediapadjajaran.com - *Dispen Kormar (Jakarta)*. Hakikat keberadaan Korps Marinir TNI AL sebagai pasukan pendarat menuntut kecepatan respon, daya gerak dan daya gempur yang tinggi. Sebagai bentuk proyeksi kekuatan

Angkatan Laut baik pada masa krisis dan masa perang, Korps Marinir TNI AL selalu hadir untuk NKRI. Di saat kedaulatan negara ini terancam, Marinir hadir…. Saat situasi tak terkendali, Marinir hadir menengahi…. Jadi wajar saja, apabila di dalam benak rakyat dan pemimpin bangsa ini, apabila negara ini dalam ancaman …. Satu jawabannya…. Kerahkan Marinir ….!!!


Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat memimpin upacara peringatan HUT ke-75 Korps Marinir di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No.40 Kwitang Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).


Lebih lanjut Kasal yang saat itu juga bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, dengan kematangan usia Korps kebanggaan rakyat Indonesia ini, hendaknya prajurit Korps Marinir TNI AL tetap mengedepankan sikap rendah hati, humanis, serta tidak lekas puas dengan pencapaian keberhasilannya.  Tanamkan dalam diri masing-masing bahwa kepercayaan ini merupakan amanah sekaligus tantangan untuk terus meningkatkan kinerja, dedikasi dan semangat pengabdian ke depan” kata Kasal.


Di penghujung sambutan, Kasal berharap kepada seluruh prajurit Korps Marinir di manapun berada agar kemanapun dan kapanpun Marinir dikirim, pastikan Marinir hadir dan bertempur sebagai pasukan pendarat yang menjunjung tinggi kepercayaan rakyat, tangguh dan berwibawa. “ Ingatlah selalu bahwa negara yang besar adalah negara yang memiliki angkatan bersenjata yang kuat, namun negara yang disegani adalah negara yang memiliki Marinir yang hebat” tambah Kasal.


Sejatinya Hari Ulang Tahun Korps Marinir jatuh pada tanggal 15 November, namun pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-75 Korps Marinir  tahun ini digelar dengan mengedepankan protokol Kesehatan pada Senin (16/11/2020).  Upacara militer tidak melibatkan banyak personel dan peralatan tempur dengan Komandan Upacara Kolonel

Marinir Danuri, SE yang sehari-hari menjabat Asisten Operasi Pasmar 1 Jakarta. Upacara diikuti secara virtual oleh Komando Pelaksana (Kolak) Korps Marinir antara lain Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3, Brigif 4 Mar/BS, Denjaka, Kolatmar, Lanmar Jakarta, Lanmar Surabaya, Kolak Pasmar, Yonmarhanlan I sampai dengan XIV serta personel Satgas

Marinir yang sedang bertugas di dalam dan luar negeri seperti Satgas UN RDB MONUSCO, Satgas Puter (P. Berhala), Satgas Covid-19 Wisma Atlit, serta Satgas Percepatan Pembangunan di Lombok NTB.  Material tempur Korps Marinir yang tergelar dalam upacara ini antara lain, 2 unit Sea Rider, 2 BTR-4, 2 Twin Gun, 2 Atav serta 2 RM-70 Grad.


Selesai pelaksanaan Upacara dilanjutkan acara syukuran yang dilaksanakan di Gedung Graha Marinir. Acara tersebut juga diikuti secara virtual serta melaksanakan potong tumpeng di tempat masing-masing. Selain Kasal, acara syukuran ini dihadiri pula oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Marinir Suhartono, M. Tr (Han), Pejabat Utama Maebesal,  Pejabat Utama Mako Kormar, dan para  Dankormar dari masa ke masa.  Acara diisi dengan pemutaran filler ucapan selamat ulang tahun dari masyarakat dan dari Purnawirawan Marinir, sambutan Dankormar, pemotongan tumpeng, pemutaran filler Kaleidoskop 2019-2020 Korps Marinir, Launching Buku Korps Marinir “75 Tahun Korps Marinir. Setia pada NKRI di Tengah Rakyat”, pemutaran filler “Suara Hati Untuk Marinir” (Warakawuri dan putra/putri keluarga besar Korps Marinir), pengumuman dan pemutaran pemenang Lomba Video Demo dan Parodi. 


Selain upacara militer, dalam rangka memeriahkan HUT nya yang ke-75, Korps Marinir menyelenggarakan serangkaian kegiatan antara lain Lomba Video Demo, Lomba Panahan Dankormar Cup di Lapangan Panahan Jusman Puger Cilandak (6/11/2020), Lomba Menembak Dankormar Cup (20-22/11/2020), Anjangsana kepada Warakawuri (keluarga prajurit yang gugur di daerah operasi) dan prajurit dan keluarga yang sakit kronis serta kepada sesepuh atau pelaku sejarah Korps Marinir (2-6/11/2020), Ziarah dan Tabur Bunga (9-10/ 11/2020) dan Istighosah / Do’a Bersama (13/11/2020).(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151