BENTUK PERSONEL POTMAR YANG TANGGUH DAN KREATIF, LANTAMAL X ADAKAN PENATARAN BABINPOTMAR

 

BENTUK PERSONEL POTMAR YANG TANGGUH DAN KREATIF, LANTAMAL X ADAKAN PENATARAN BABINPOTMAR

www.mediapadjajaran.com - Untuk memberikan bekal serta  kemampuan prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional dan kreatif dibidang pembinaan Potmar, Lantamal X menggelar Penataran Kemampuan Potensi Maritim bagi personel Bintara Pembina Potensi Maritim. Selasa (06/04/21).


Dengan tema "Melalui Tarpuanpotmar Tersebar TA. 2021, Kita Tingkatkan Pembinaan Wilayah Potmar TNI Angkatan Laut Guna Menyiapkan RAK Juang Yang Tangguh", kegiatan Tarpuanpotmar ini diikuti oleh 30 prajurit TNI AL jajaran Lantamal X dan dibuka oleh Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., di aula Samudera Loka Mako Lantamal X.

Menurut Danlantamal X pada saat membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan Tarpuanpotmar ini merujuk pada Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI Angkatan Laut sebagaimana tercantum pada pasal 9 huruf (e).


Yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) yang diimplementasikan melalui pembinaan potensi maritim (Binpotmar), yang dilaksanakan baik secara perorangan, kelompok maupun satuan dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dan diaplikasikan melalui Komsos maritim dan bakti TNI AL sehingga terbangun kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Keberhasilan pembinaan potensi maritim sangat ditentukan oleh kemampua aparat Potmar, untuk itu kita laksanakan Tarpuanpotmar kepada prajurit Lantamal X dan jajarannya, sehingga diperoleh personel pembina Potmar yang tangguh dan kreatif.",  terang Danlantamal X.

Danlantamal X juga berpesan agar dalam tugasnya, Babinpotmar tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Korem, Kodim, Koramil, Polres dan Polsek serta bersinergi dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Babinpotdirga, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Sementara itu dalam laporan Aspotmar Danlantamal X Kolonel Laut (KH) Joko Imam Pambudi selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini diikuti 30 personel dari Mako Lantamal X, Lanal Biak, Lanal Sarmi, Posal Serui, Posal Mapia, Posal Nabire, Posal Skouw Sae, Pos Pengamat Danau Sentani, Santrol Lantamal X dan Yonmarhanlan X.

Dilaksanakan di dua tempat yaitu di Aula Samudera Loka Mako Lantamal X selama kegiatan tatap muka dan kegiatan praktek lapangan akan dilaksanakan di Kantor Kodim 1701/Jayapura, berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 6 hingga 8 April 2021.

Materi yang diajarkan antara lain tentang sejarah dan serbuan teritorial TNI dengan instruktur dari Kodam XVII/Cenderawasih, Binkamtibmas dari Polda Papua, Binotdirga dari Lanud Silas Papare, penyalahgunaan dan penanggulangan dari BNN Papua, materi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua tentang data nelayan dan budidaya potensi laut serta materi pembinaan ketahanan wilayah, hukum laut internasional, Dawilhanla dan Komsos TNI dari Lantamal X.


Kepala BNN Provinsi Papua Brigjen Robinson DP Siregar, Wadan Lantamal X Kolonel Mar Amir Kasman, S.E., M.M., Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teddy Arigianto Setimiharja, S.I.P., para Asisten Danlantamal X, Dir. Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Drs. Frengky Wally, M.M., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Yimin Weya, S.Pd., M.A.P., Kepala KSOP Kelas 2 Jayapura Taher Laitupa, ST., Dandim 1701/Cendrawasih Letkol Inf Edwin Apria Candra serta para Kadis dan Kasatker Lantamal X.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151