DUKUNG PROGRAM KASAL, DANLANTAMAL X SIAPKAN KAMPUNG BAHARI NUSANTARA

 


DUKUNG PROGRAM KASAL, DANLANTAMAL X SIAPKAN KAMPUNG BAHARI NUSANTARA

www.mediapadjajaran.com - Jayapura, Senin (05/04/21). Komandan Lantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., siap mendukung program Kampung Bahari Nusantara yang telah dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., beberapa waktu lalu.

Menurut Laksma Yeheskiel, Lantamal X telah menyiapkan beberapa spot atau wilayah yang salah satunya akan dipilih dan dijadikan Kampung Bahari Nusantara.


"Papua, khususnya Kota Jayapura yang mempunyai wilayah geografis yang sangat eksotis, terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya dan didukung dengan histori antropologi serta sejarah tentang pendaratan sekutu pada Perang Dunia II di Jayapura, sangat mendukung untuk dijadikan Kampung Bahari Nusantara.", ujarnya.

Ungkapan itu disampaikan Danlantamal X kepada Aspotmar Danlantamal X Kolonel Laut (KH) Joko Imam Pambudi dan Kadispotmar Lantamal X Mayor Marinir Suprapto selepas mengikuti secara daring Pembekalan Program Kampung Bahari Nusantara TNI AL kepada para Danlantamal serta Danlanal, yang di buka oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purnomo, S.E, M.M., di Puskodal Lantamal X.

Menurutnya pula banyak spot atau kampung yang potensial untuk dijadikan KBN, salah satunya kampung Enggros yang selama ini sudah menjadi salah satu kampung binaan Lantamal X.

"Kampung Enggros yang selama ini telah menjadi desa atau kampung binaan kita, menurut saya telah memenuhi syarat yang ditetapkan untuk dijadikan Kampung Bahari Nusantara, yaitu aspek Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan.", terangnya.


Sementara itu dalam pembekalannya Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purnomo, S.E, M.M., menyampaikan kepada para Danlantamal dan Danlanal agar berkomunikasi dan berkoordinasi yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi lainnya sehingga dapat membantu dan mendukung pelaksanaan KBN.

Ditambahkan pula oleh Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dalam pembekalan tersebut bahwa ada 5 klaster utama KBN, yakni klaster Pertahanan, Edukasi, Ekonomi, Kesehatan dan Pariwisata. 

Menurut Aspotmar KASAL yang ingin dicapai dalam program BKN adalah menjadikan kampung sebagai destinasi pariwisata, khususnya destinasi Bahari, tentunya bersinergi  dengan program pemerintah daerah sehingga KBN bisa berjalan dengan baik.

Aspotmar KASAL berharap di tahun 2021 ada 14 Lantamal dan 4 Lanal di programkan untuk meresmikan KBN.(litbangMPNI)


Sumber Berita Dispen Lantamal X Jayapura.


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151