PROGAM MENINGKATKAN PRODUKSI KETAHANAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

 

PROGAM MENINGKATKAN PRODUKSI KETAHANAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

www.mediapadjajaran.com - Kegaiatan dihadiri oleh Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Lobar yaitu Ibu Hj. Ida Wahyuni. Sp.,M.Si. ,Koordintor POPT Kab Lobar, Koordinator  PPL Kec. Narmada Milham Sp ,Koordinator POPT Kab Lobar Bapak Agus Priyono. Sp dan Babinsa Bapak Supartdi dari Kodim 1606 Lombok Barat  

Dalam hal ini upaya untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan adalah dengan gerakan pengendalian (GERDAL) ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN (OPT). Gerdal dilakanakan agar OPT tidak melakukan kerusakan yang lebih luas dan menekan pergerakannya ke tempat lain.

Sambutan yang diberikan oleh Kepala UPT Perlindungan TPH kepada peserta/petani mengutamakan prinsip PHT adalah Pengendalian Hama Terpadu (Integrated Pest Control) dengan tujuan memantapkan provitas yang tinggi dan meminimalisir kehilangan hasil dengan cara budidaya tanaman sehat, memanfaatkan musuh alami, pengamatan dan pemantauan rutin serta petani sebagai ahli PHT. 

Yang paling penting juga petani mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan dan mengembalikan unsur hara dengan menggunakan pupuk kompos yg diolah sendiri oleh petani dari  kotoran ternak sapi, kambing dan ayam. Menggunakan pestisida nabati , pupuk organik cair maupun ecoenzym.

Pada kesempatan lain Kep Dinas Pertanian Kab Lobar Ir. H. Muhur Zokhri berpesan  kepada Kep UPT Perlindungan TPH tetap memonitor terus kondisi tanaman dan berkoordinasi dengan petugas di lapangan.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151