Lestarikan Budaya Nugal Dayak Sebaruk Bercocok Tanam Padi Dibantu Anggota Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan

 

*Lestarikan Budaya Nugal Dayak Sebaruk Bercocok Tanam Padi  Dibantu Anggota Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan*

www.mediapadjajaran.com - Muakan Petinggi,-Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY membantu warga Dayak Sebaruk Nugal Padi di desa Muakan Petinggi Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalbar. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau Jumat (29/10/2021).


Nugal Padi bagi warga Dayak Sebaruk merupakan tradisi turun temurun dari generasi ke generasi yang sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat perbatasan khususnya masyarakat Dayak dalam bercocok tanam padi untuk menghasilkan beras guna memenuhi kebutuhan pokok mereka.


Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan menumbuhkan saling tolong menolong sesama warga, seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Kami Pos Muakan Petinggi, dimana kehadiran satgas harus bisa menjadi contoh dan mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat di perbatasan serta membentuk Kemanunggalan TNI dengan rakyat yang ada di perbatasan", Ucapannya.

Dikatakannya Pak Yusin (44) Selaku pemilik ladang", Mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas yang telah Sudi hadir dan membantu Nugal Padi bersama warga kami",Kami pun merasa senang sudah terbantukan", Pungkasnya.

Serda Arisco beserta tiga rekannya",Kami di undang oleh warga untuk pelaksanaan Nugal Padi ini, kegiatan ini harus dilestarikan meskipun sudah zaman modern sekarang ini,serta saling bahu membahu bersama warga mulai dari memasukkan benih padi ke dalam lobang maupun penancapan tongkat ke tanah", harapannya padi bisa tumbuh yang baik dan mendapatkan hasil panen yang berlimpah", ujarnya.

Kegiatan ini mengedukasi masyarakat yang ada di perbatasan bahwa pentingnya hidup saling tolong menolong sesama manusia,serta selalu mengedepankan protokol kesehatan.(investigasiIMPII)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151